Beranda | Berita Utama | White Crime | Cyber Crime | EkBis | Opini | INDEX Berita
Eksekutif | Legislatif | Gaya Hidup | Selebriti | Nusantara | Internasional | Lingkungan
Politik | Pemilu | Peradilan | Perdata| Pidana | Reskrim
Internasional    
London
Serangan di London: 6 Orang Tewas, Puluhan Lainnya Cedera
2017-06-04 15:16:38
 

Mobil van warna putih yang tampak di foto ini diyakini sebagai kendaraan yang digunakan untuk melakukan serangan.(Foto: Istimewa)
 
LONDON, Berita HUKUM - Enam orang tewas dalam serangan terorisme di pusat kota London, dan tiga penyerang ditembak mati oleh polisi, kata Scotland Yard.

Polisi dan ambulans dikerahkan pada pukul 22:08 (Minggu pukul 04:08 WIB) setelah ada laporan tentang sebuah mobil van yang menabraki orang-orang di London Bridge.

Tak lama, para petugas bersenjata dikerahkan ke Borough Market yang tak jauh letaknyam terkait laporan penusukan di daerah yang terkenal dengan restoran dan bar yang ramai itu.

Dinas Ambulans London mengatakan setidaknya 30 orang dibawa ke rumah sakit.

Sejumlah orang dirawat di tempat kejadian untuk luka yang kurang serius.

Polisi Transportasi Inggris mengatakan salah satu petugasnya mengalami luka parah setelah ditikam saat dia menangani insiden tersebut namun luka itu tidak mengancam jiwa.

Seorang pengguna media sosial mengunggah gambar seorang pria tergeletak di tanah dengan apa yang tampak seperti tabung melilit tubuhnya.Hak atas fotoGABRIELE SCIOTTO
Image captionSeorang pengguna media sosial mengunggah gambar seorang pria tergeletak di tanah dengan apa yang tampak seperti tabung melilit tubuhnya.

Perdana Menteri Theresa May menyebutnya sebagai 'peristiwa mengerikan' dan akan memimpin sebuah rapat komite darurat Cobra pemerintah hari ini.

Menteri dalam Negeri Amber Rudd mengatakan serangan tersebut 'diarahkan pada orang-orang yang menikmati malam mereka bersama sanak dan keluarga.'

Walikota London Sadiq Khan mengatakan: "Kami belum mengetahui rincian lengkap kejadian ini, tapi ini adalah serangan yang pengecut dan disengaja menyasar warga biasa London dan wisatawan yang datang ke kota kami untuk menikmati Sabtu malam mereka. Saya mengutuknya sekeras-kerasnya."

Saksi mata mengatakan kepada wartawan BBC Tom Symonds, mereka melihat sejumlah orang keluar dari van penyerang setelah menabrak orang-orang di jembatan dan berlari menuju Pasar Borough atau Borough Market.

Kemudian terdengar suara tembakan di daerah tersebut, sementara seorang pengguna media sosial mengunggah foto yang menunjukkan salah satu penyerang terbaring di tanah di luar sebuah pub di pasar makanan itu, dan tampak seakan sebuah tabung dililitkan ke tubuhnya.

Asisten Komisaris Polisi London Mark Rowley mengatakan: "Para tersangka telah dihadapi dan ditembak oleh polisi dalam waktu delapan menit setelah telepon pertama."

"Para tersangka mengenakan apa yang tampak seperti rompi berpeledak tapi rompi peledak ini ternyata merupakan hoax."

Dia mengatakan mereka masih menyelidiki segala sesuatunya, namun saat ini diyakini dalam serangan itu terlibat tiga orang pelaku.

Serangan tersebut terjadi hampir dua pekan setelah sebuah pemboman bunuh diri di akhir konser Ariana Grande di Manchester, yang menewaskan 22 orang.

Namun serangan penabrakkan dengan mobil sudah pernah terjadi pula di London, pada bulan Maret lalu, di Westminster Bridge, disusul penikaman petugas polisi di luar Parlemen. dalam kejadian itu, lima orang tewas.

'Van menabrak lima orang'

Wartawan BBC Tom Symonds mengatakan seorang petugas keamanan yang menjaga sejumlah pub di daerah Jembatan London mengatakan bahwa dia melihat empat orang ditikam oleh tiga penyerang.

Sedangkan wartawan BBC Holly Jones, yang berada di jembatan pada saat serangan tersebut, mengatakan sebuah van yang dikemudikan oleh seorang pria 'mungkin melaju sekitar 80 km per jam" sebelum menabrak sejumlah orang."

"Dia berbelok ke kanan saya dan kemudian menghantam sekitar lima atau enam orang. Dia menabrak sekitar dua orang di depan saya dan kemudian tiga lagi di belakang saya," kata Holly Jones kepada BBC News Channel.

Para petugas bersenjata lengkap berjaga di sekitar lokasi kejadian.Hak atas fotoPA
Image captionPara petugas bersenjata lengkap berjaga di sekitar lokasi kejadian.

Lima atau enam orang dirawat karena luka-luka setelah mobil itu naik trotoar dan menabrak mereka, kata wartawan BBC Holly Jones.

"Saya kira sekitar empat orang luka parah, mereka semua dirawat paramedis saat ini."

Dia mengatakan van itu datang dari arah pusat kota London dan menuju ke sisi selatan sungai.

Para petugas spesialis senjata api dari satuan anti teror, dikerahkan di lokasi.Hak atas fotoGETTY IMAGES
Image captionPara petugas spesialis senjata api dari satuan anti teror, dikerahkan di lokasi.


Sejumlah ambulans merawat dan mengangkut para korban terluka di London Bridge.Hak atas fotoGETTY IMAGES
Image captionSejumlah ambulans merawat dan mengangkut para korban terluka di London Bridge.

Wartawan BBC Holly Jones kemudian melaporkan bahwa melihat seorang pria ditangkap oleh polisi. Disebutkan, baju orang itu terlepas, dan ia diborgol .

Dia mengatakan di antara yang terluka terdapat seorang perempuan Prancis yang mengatakan kepadanya bahwa ia tidak tahu di mana dua orang yang bersamanya saat kejadian itu.

Map of London Bridge area

Seorang saksi mata lain, Will Orton mengatakan bahwa ia saat itu berada di sebuah pub di daerah itu dan melihat orang-orang berlarian masuk.

"Kami sungguh tidak tahu apa yang sedang terjadi," katanya.

"Kami pikir mungkin ada perkelahian atau sesuatu di luar. Tapi kemudian ada mungkin ratusan orang masuk ke dalam.

"Penjaga melakukan tugasnya dengan sangat baik, mereka menutup dan mengunci pintu dan menjaga semua orang yang berada di dalam. Ada kepanikan. Orang-orang mengatakan bahwa mereka menyaksikan ada orang-orang yang ditikam."

Polisi mengarahkan warga keluar dari lokasi serangan.Hak atas fotoGETTY IMAGES
Image captionPolisi mengarahkan warga keluar dari lokasi serangan.

Perdana Menteri Theresa May mengatakan: "Setelah mendapat kabar terbaru dari petugas polisi dan keamanan, saya dapat memastikan bahwa insiden mengerikan di London dianggap sebagai tindakan terorisme."

May menambahkan: "Penyelidikan bergerak sangat cepat. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada polisi dan petugas darurat yang berada di tempat kejadian.

"Pikiran kami semua bersama mereka yang terjebak dalam kejadian mengerikan ini."

Police and ambulance could be seen on the south side of London Bridge
Image captionPolice and ambulance could be seen on the south side of London Bridge

Kantor perdana menteri mengatakan bahwa Theresa May, yang sedang berkampanye untuk pemilihan umum beberapa hari mendatang, kembali ke Downing Street No 10 untuk menerima briefing lebih lanjut dari petugas keamanan.

Di Twitter, pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn menggambarkan kejadian tersebut sebagai "brutal dan mengguncangkan".

England Vorfall auf der London Bridge Mehrere Fußgänger angefahren (Getty Images/C. Court)

Beberapa pejalan kaki dilaporkan terluka setelah sebuah van warna putih membelok dari sebuah jalan di London Bridge, Sabtu (3/6) malam dan menabraki orang-orang. Diberitakan kantor berita Associated Press, tiga orang keluar dari van dengan membawa pisau dan mulai menyerang orang-orang yang tengah bersantai di restauran dan bar di sekitar Borough Market.

Polisi segera merespon insiden tersebut dan beberapa laporan insiden lainnya. Layanan darurat bergegas ke lokasi kejadian. Polisi menambahkan, mereka juga telah dipanggil ke insiden ketiga di Vauxhall di selatan London. Insiden di Vauxhall kemudian dinyatakan tidak terkait dengan serangan di London Bridge.

Seorang saksi di London Bridge, yang melintasi Sungai Thames, mengatakan kepada media BBC, saat kejadian awal, dia melihat sebuah kendaraan putih yang melaju kencang menghantam pejalan kaki.

"Kami melihat orang-orang terluka di jalan, orang-orang terluka di trotoar," ujar saksi mata lainnya, Will Heaven, kepada media Sky News.

Masyarakat diserukan untuk menghindari area-area tersebut. Pejabat transportasi London mengatakan bahwa stasiun kereta ke arah London Bridge telah ditutup atas permintaan polisi.

Perdana Menteri Inggris Theresa May segera diberitahu mengenai situasi tersebut dan menghubungi pejabat terkait. Ia menyebut insiden ini sebagai peristiwa yang mengerikan dan memimpin sebuah rapat komite darurat mengenainya.

Gedung Putih mengatakan Presiden AS Donald Trump juga telah diberitahu oleh tim keamanan nasionalnya.

Insiden tersebut terjadi kurang dari dua minggu setelah seorang pembom bunuh diri menewaskan 22 orang di sebuah konser musisi pop Ariana Grande di Manchester.

Pada bulan Maret 2017, seorang penyerang menabrakkan mobilnya ke pejalan kaki di Westminster Bridge. Peristiawa itu menewaskan empat orang dan melukai puluhan lainnya. Tersangka pelaku kemudian menusuk seorang petugas polisi hingga tewas di luar Gedung Parlemen, sebelum akhirnya ia ditembak mati oleh pasukan keamanan.(dw/BBC/bh/sya)



 
   Berita Terkait >
 
 
 
ads1

  Berita Utama
Mengapa Dulu Saya Bela Jokowi Lalu Mengkritisi?

Mudik Lebaran 2024, Korlantas: 429 Orang Meninggal Akibat Kecelakaan

Kapan Idul Fitri 2024? Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 10 April, Ini Versi NU dan Pemerintah

Refly Harun: 6 Ahli yang Disodorkan Pihak Terkait di MK Rontok Semua

 

ads2

  Berita Terkini
 
Mengapa Dulu Saya Bela Jokowi Lalu Mengkritisi?

5 Oknum Anggota Polri Ditangkap di Depok, Diduga Konsumsi Sabu

Mardani: Hak Angket Pemilu 2024 Bakal Bikin Rezim Tak Bisa Tidur

Hasto Ungkap Pertimbangan PDIP untuk Ajukan Hak Angket

Beredar 'Bocoran' Putusan Pilpres di Medsos, MK: Bukan dari Kami

ads3
 
PT. Zafa Mediatama Indonesia
Kantor Redaksi
Jl. Fatmawati Raya No 47D Lt.2
Cilandak - Jakarta Selatan 12410
Telp : +62 21 7493148
+62 85100405359

info@beritahukum.com
 
Beranda | Tentang Kami | Partner | Disclaimer | Mobile
 
  Copyright 2011 @ BeritaHUKUM.com | V2